Episode #7 Kumamoto

Kastil, Rekon, Karashi n, Basashi

  • 1. Kastil Kumamoto

    Kami berkunjung ke Kastil Kumamoto sejak pagi hari nih. Kastil Kumamoto ini bangunannya sangat megah dan indah, menyisakan suasana dan bangunan tradisional sejak daman dahulu. Kastil ini dibangun pada tahun 1467 oleh Ideta Hidenobu, dan beberapa kali direstorasi. Terbuat dari Kayu dan Bebatuan yang membuat Kastil ini terlihat megah dan cantik. Kami disambut oleh tarian selamat datang yang dibawakan oleh para penari Jepang yang berpakaian baju Zirah layaknya samurai Jepang pada zaman dahulu lho. Tariannya keren banget, samurainya gagah, dan ada seorang puteri cantik. Ngomong-ngomong pakaian para samurai ini beratnya 15 kilo lho, dan kami harus naik ke atas puncak kastil dengan memakai baju zirah seberat 15 kilo ini, bisa dibayangkan betapa beratnya perjuangan kami untuk naik ke atas (lebay) hahaha. Dari atas Kastil kita bisa memandang sekeliling ke seluruh penjuru Kota Kumamoto lho.

  • 2. Renkon (Akar Teratai)

    Adalah sayuran khas Kumamoto, tanaman yang akarnya panjang dan membesar di ujung akar. Apabila kita potong akarnya, terapat lubang-lubang disekeliling permukaan dagingnya, sehingga terasa renyah ketika dimakan. Renkon ini banyak digunakan di masakan Jepang lho, ohya Renkon ini tumbuh di dalam lumpur, dan kita dapet tantangan untuk ikut memanen Renkon, berbasah-basahan di dalam lumpur dengan udara yang cukup dingin karena kami datang pada musim gugur. Ohya memanen Renkon ini seru dan asik banget lho, pengalaman mengambil Renkon yang cuma bisa didapatkan di Kumamoto. Ohya ternyata dari pertandingan ini, Lydia lagi-lagi kalah dan harus duduk di bangku jebakan dan harus tercebur kedalam kubangan lumpur lho. hahaha.

  • 3. Karashi Renkon

    Adalah makanan Khas Tradisional Kumamoto, yang berbahan dasar Karashi (Sambal Jepang) dan Akar Teratai atau Renkon. Apabila digoreng rasa pedas yang berlebihan dari Karashi ini akan berkurang dan akan terasa lebih lezat lho. Karashi renkon ini digoreng di dalam minyak hingga warnanya kecokelatan agar bisa disajikan.

  • 4. Basashi (Daging Kuda dalam bentuk Sashimi)

    Daging kuda mentah atau Basashi rasanya agak manis, empuk, rendah lemak, dan berprotein tinggi. Basashi Kumamoto sangat terkenal di seluruh penjuru Jepang, di toko yang bernama Suganoya ini memili pengalaman selama 400 tahun untuk menghidangkan daging Kuda khas Kumamoto. Kami makan Sashimi Daging Kuda lho, yang terkenal rendah kalori dan sangat lembut. Kemudian kami juga makan shabushabu atau daging yang direbus dengan saus kacang maupun kecap asin atau shoyuu. Di Jepang ini, Basashi Khas Kumamoto ini yang jadi nomor satu lho, jadi kalau ada kesempatan berkunjung ke Kumamoto, kuliner yang satu ini wajib untuk dicoba.

link