Episode #13 Hokkaido

Niseko Ski, Genghis Khan Nozawa, Sapporo Yuki Matsuri

  • 1. Niseko Ski

    Berbicara soal Hokkaido, salah satu atraksi yang paling mendunia dari pulau yang ada di Utara Jepang ini adalah Ski dan Snowboard. Hokkaido terkenal dengan Saljunya yang putih sangat indah dengan kualitas salju terbaik se-Jepang, khususnya di salah satu tempat yang menjadi resort Ski terkenal yaitu Niseko. Salju di Niseko ini tentunya berbeda dengan salju yang turun di wilayah lain di Jepang, karena kualitas dari butiran saljunya ini bak tepung yang sangat halus sehingga sangat tepat apabila digunakan sebagai arena rekreasi Ski. Oh ya ternyata di Ski Resort Niseko ini, hampir seluruh dari pegawainya bisa berbicara dalam bahasa Inggris dan beberapa bahasa lainnya, bahkan ketika kami makan siang di sebuah restoran Pelayannya bisa berbahasa Melayu lho. Jadi untuk teman-teman Indonesia yang tidak bisa berbahasa Jepang tidak perlu khawatir ketika berkunjung untuk bermain Ski di Niseko karena fasilitasnya benar-benar taraf internasional. Nah, pada kesempatan kali ini, kami ber-enam harus bertanding Ski yang dibagi menjadi duatim, yaitu Tim Merah dengan Anggota Andela, Melody dan Kinal, serta Tim Biru yang beranggotakan Ayana, Haruka dan Yupi.

  • 2. Genghis Khan Nozawa

    Pernah dengar nama Genghis Khan?? Genghis Khan adalah nama dari daging Domba khas Hokkaido. Nah, kalau kita membayangkan rasa dari daging domba maupun kambing, pasti yang ada di benak kita itu dagingnya agak bau kan? Tapi, jangan salah lho, daging Domba Genghis Khan khas dari Hokkaido ini tidak berbau dan rasanya luar biasa enak, terus dagingnya juga empuk dan sangat lembut ketika dikunyah. Daging domba Genghis Khan ini biasanya dimasak dengan dipanggang menjadi Yakiniku dengan beberapa jenis sayuran seperti tauge, daun bawang, nah minyak yang keluar dari daging domba Genghis Khan ini akan turun meresap kedalam sayuran ketika dipanggang di atas Nabe (pemanggang) khusus untuk daging Genghis Khan. Ohya, di restoran Genghis Khan Nozawa ini tersedia juga daging Halal lho, jadi untuk teman-teman Indonesia yang Muslim tidak perlu khawatir karena daging yang disajikan ada juga yang Halal.

  • 3. Sapporo Yuki Matsuri

    Sapporo Snow Festival, adalah festival terbesar yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Sapporo setiap tahunnya pada puncak musim dingin. Snow Festival ini biasanya diadakan pada minggu pertama sampai minggu kedua pada bulan Februari, dan diselenggarakan setiap tahunnya mulai dari tahun 1950 lho. Nah keunikan dari Sapporo Snow Festival ini adalah berbagai bangunan yang dibangun dari ukiran es batu dengan berbagai bentuk dari mulai karakter kartun sampai tempat-tempat pariwisata terkenal di seluruh dunia lho.Jangan dibayangkan betapa dinginnya kota Sapporo pada puncak musim dingin ini. Tapi jangan khawatir, karena rasa dingin itu akan menjadi sesuatu yang tak terbayarkan ketika kita melihat bangunan-bangunan dan illumination atau hiasan lampu cahaya yang sangat indah ketika malam tiba. Nah, pada kesempatan kali ini, kami JKT48 mendapatkan kesempatan untuk tampil di atas panggung Sapporo Snow Festival untuk pertama kalinya, sekaligus mempromosikan kota Jakarta dan Indonesia kepada penduduk kota Sapporo dan juga turis domestik dan mancanegara yang datang berkunjung ke Sapporo Snow Festival. Ini sekaligus menjadi pengalaman pertama kami bernyanyi dan menari di atas panggung yang terbuat dari balok es di tengah suhu udara yang mencapai minus 7 derajat celcius, dan semua kami lakukan demi mempromosikan Indonesia di Hokkaido. Penampilan kami di atas panggung Sapporo Snow Festival terbayar dengan tepukan dan sorak sorai hangat dari penonton yang datang untuk menyaksikan kami.

link